UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI ALAT PERAGA TENTANG PERNAFASAN MANUSIA DAN FUNGSINYA PADA SDN 2 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Nalorie Nalorie FKIP

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Alat Peraga  berpengaruh terhadap hasil belajar   IPA ? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Alat Peraga?


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Alat Peraga  terhadap hasil belajar   IPA  . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya Pembelajaran Alat Peraga.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68%,), siklus II (88%), siklus III (96 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif dengan Alat Peraga  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 2 Selat Dalam , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif  IPA


 

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
NALORIE, Nalorie. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI ALAT PERAGA TENTANG PERNAFASAN MANUSIA DAN FUNGSINYA PADA SDN 2 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 1-11, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/219>. Date accessed: 31 mar. 2020.