IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PADA SISWA KELAS II SDN 2 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Laure Laure FKIP

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran model permainan berpengaruh terhadap hasil belajar  Bahasa Indonesia? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran   Bahasa Indonesia dengan diterapkannya metode Pembelajaran model permainan?


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran model permainan   terhadap hasil belajar   Bahasa Indonesia . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran   Bahasa Indonesia setelah diterapkannya Pembelajaran model permainan. 


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa  Kelas I Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (70 %,), siklus II (75 %), siklus III (91 %).


Simpulan dari penelitian ini adalah metode Konstekstual dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 2 Selat Dalam, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Bahasa Indonesia.


 

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
LAURE, Laure. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PADA SISWA KELAS II SDN 2 SELAT DALAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 12-22, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/220>. Date accessed: 31 mar. 2020.