PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS III SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Lutpiah Lutpiah FKIP

Abstract

.  Penerapan Metode Pembelajaran Tanya Jawab Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Pada Siswa Kelas III SDN Handil Bakti   Tahun 2017/2018.


              Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Metode Tanya Jawab  berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode Metode Tanya Jawab ?


  Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Metode Tanya Jawab  terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya Metode Tanya Jawab.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60%) siklus II (77 %) dan siklus III (94. %).


Simpulan dari penelitian ini adalah metode  model tanya jawab  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam.


 

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
LUTPIAH, Lutpiah. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS III SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 23-33, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/221>. Date accessed: 21 feb. 2020.