MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Syarah Syarah FKIP

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah  Pembelajaran Example   berpengaruh terhadap hasil belajar  Ilmu Pengetahuan Alam? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam    dengan diterapkannya metode  Pembelajaran Example?


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh  Pembelajaran Example   terhadap hasil belajar  Ilmu Pengetahuan Alam . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam    setelah diterapkannya  Pembelajaran Example 


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes portofolio, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (59 %), siklus II (74 %), siklus III (88 %).


Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model  Pembelajaran Example   dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Handil Bakti , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
SYARAH, Syarah. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 35-47, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/222>. Date accessed: 31 mar. 2020.