PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III TUNANETRA SDLB NEGERI SELAT TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

  • Telie Telie FKIP

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah  Pembelajaran Geometri  berpengaruh terhadap hasil belajar  Matematika? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Matematika    dengan diterapkannya metode  Pembelajaran Geometri ?


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh  Pembelajaran Geometri  terhadap hasil belajar  Matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran  Matematika    setelah diterapkannya  Pembelajaran Geometri


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas SDLB Negeri Selat. Data yang diperoleh berupa hasil tes portofolio, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.


Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (40%), siklus II (60%), siklus III (80%).


Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model  Pembelajaran Geometri  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDLB Negeri Selat, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative  Matematika.


 

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
TELIE, Telie. PENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III TUNANETRA SDLB NEGERI SELAT TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 47-54, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/223>. Date accessed: 31 mar. 2020.