MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU MENERAPKAN MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PADA SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Surya Abdi FKIP

Abstract

:  Dalam kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah  yang ingin menggerakkan bawahannya (guru) untuk mengerjakan tugasnya haruslah mampu memotivasi guru tersebut sehingga guru akan memusatkan seluruh tenaga dan perhatiannya untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan. Kepala sekolah harus benar-benar menjalin komunikasi aktif dan setiap saat mengadakan evaluasi terhadap tugas pengajaran yang  telah dilakukan oleh guru.


             Hal ini dapat tercermin dari pola kepemimpinan yang ditunjukkan oleh kepala sekolah kepada bawahannya. Perilaku pemimpin yang positif dapat mendorong kelompok atau bawahannya dalam mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerja sama dalam kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan madrasah.


             Psikologi kepemimpinan menyatakan bahwa fungsi utama seorang pemimpin adalah mengembangkan sistem motivasi yang  efektif, agar para pengikut (bawahan) mau bekerja sesuai dengan yang diperintahkan oleh pimpinan yang bersangkutan. Dalam hal ini seorang pemimpin haruslah mampu melakukan stimulasi atau rangsangan terhadap  pengikut atau bawahannya sedemikian rupa agar dapat memberikan sumbangan positif bagi tujuan organisasi, disamping memuaskan kebutuhan-kebutuhan pribadinya.


            Dalam Implementasi reward pada guru ini, didapati pengaruh yang positif terhadap terciptanya motivasi guru dalam kegiatan belajar mengajar, Hal ini ditandai dengan adanya kenaikan signifikan pada tiap siklusnya, siklus I sebesar 76 % dan siklus II sebesar 88 %. Hal ini menunjukkan keberhasilan program reward  guru terhadap motivasi dalam mengajar guru.

Published
Nov 28, 2019
How to Cite
ABDI, Surya. MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU MENERAPKAN MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PADA SDN HANDIL BAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PAHLAWAN, [S.l.], v. 16, n. 04, p. 74-82, nov. 2019. ISSN 2338-0853. Available at: <http://ejournal.uay.ac.id/index.php/pah/article/view/226>. Date accessed: 21 feb. 2020.